Jumat, 22 Agustus 2014

MENJAGA BAHAN MAKANAN AGAR TIDAK CEPAT BUSUK

1.Bersihkan Kulkas Secara Rutin, hal ini diharapkan agar dalam kulkas tetap terjaga kebersihannya, dan bila ada bahan makanan yang sudah membusuk, atau air yang berbau busuk, segeralah dibersihkan, karena akan mencemari makanan lain yang masih segar.
2. Daun salam, walau terdengar asing tapi daun salam ini dapat menjaga dari serangga, saat anda menyimpan beras, gandum, dan sejenisnya. Gantilah setiap 3bulan sekali.
3. Kentang, tempatkan dibeberapa sudut kulkas ( jangan lupa dibelah dulu ya), niscaya bau yang ada dalam kulkas akan segera sirna. Bila kentang sudah terlihat tidak segar, gantilah dengan yang baru.
4. Telur, simpanlah telur dengan posisi ujung yang kecil menghadap kebawah, ini dimaksudkan agar kantung udara yang berada diatas tidak tertekan oleh berat telur, sehingga tidak mudah pecah, dan cepat busuk.
5. Tomat dan Mentimum, simpanlah tomat dan mentimun yang dialasi koran atau kertas sejenisnya, ini diharapkan agar tetap kering dan menghambat pembusukan, simpanlah tomat dan timun dalam tempat yang berbeda karena tomat mengeluarkan gas yang dapat membuat timun cepat membusuk.
6. Apel, simpan apel terpisah dengan sayuran dan buah- buahan lainnya, karena apel mengeluarkan gas yang dapat mempercepat buah dan sayur menjadi cepat busuk. Gas yang dikeluarkan apel dapat mempercepat proses kematangan buah yang masih mangkal atau belum matang.
7. Daging, ikan, dan unggas, bungkuslah saat menyimapan agar tidak terpapar bakteri
8. Makanan sisa, Simpan semua sisa makanan di kedap udara dan tahan bocor
Jangan isi kulkas terlalu penuh yaa.....!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar