Jumat, 22 Agustus 2014

TIPS MENGENALKAN MAKANAN PADA BAYI

Jika bayi sudah mulai bosan dengan apa yang biasa dimakannya, dan usia bayi sudah mencukupi untuk dikenalkan dengan makanan yang lainnya, berikut tipsnya :

MAKANAN UNTUK DICOBA

Dalam mencoba makanan jenis padi- padian, jangan beri oats atau gandum sampai usianya enam bulan. Bila tidak ada alergi berilah makanan hasil peternakan, misalnya yogurt, susu, keju, yang bebas pemanis. Bila bayi menolak makanan baru cobalah lagi lain hari atau campurkan dengan makanan yang disukainya.

KOMBINASI BARU

Para ahli kesehatan menyarankan, sebaiknya satu jenis makanan diperkenalkan pada satu waktu dengan jarak beberapa hari untuk setiap makanan baru. Bila terjadi alergi hentikan pemberian makanan tersebut. Bayi biasanya  lebih mudah menerima makanan baru bila di campur dengan makanan yang sudah dikenalnya. Jangan heran bila bayi anda menyukai campuran makanan yang mungkin terasa aneh bagi anda.

MENGUBAH TEKSTUR

Secara bertahap, buatlah makanan bayi yang kental dan lebih padat namun tetap lembut teksturnya. Caranya, hancurkan sayuran yang dimasak jangan dilumat atau diparut. Makanan halus dapat dikentalkan dengan menambah sedikit tepung beras, kentang rebus, ubi jalar, atau pisang.

Peringatan !!!

  • Jangan meninggalkan bayi anda sendirian waktu makan, karena Bayi mudah tersedak, dan bila hal itu terjadi, ia perlu pertolongan segera. makan yang sering membuat bayi tersedak diantaranya : anggur, potongan wortel, daging dan popcorn sering membuat bayi tersedak.
  • Hindari makanan yang terlalu keras karena bayi sulit mengunyahnya.
  • Jangan beri bayi anda kacang utuh, buah berbiji, anggur utuh, es atau makanan lain yang bisa menyangkut di tenggorokan.
  • Sendok dan garpunya harus terjaga kebersihannya, lap kursi makannya setiap habis makan dan kenakan celemek yang bersih setiap kali makan.
  • Bayi suka mengemut makanannya tanpa menelan. Bila ini terjadi, bujuk untuk membuka mulutnya dan keluarkan makanan itu dengan jari anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar